Senin(18/9/2017) STAI Al Fithrah menerima kunjungan asesmen lapangan dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Dalam asesmen lapangan atau yang lazim dikenal dengan visitasi kali ini, BAN-PT menugaskan dua orang Asesornya, yaitu Prof. Indratmo Soekarno, Ph.D. dari ITB dan Dr. Supriyadi Ahmad dari UIN Jakarta.
Acara visitasi dimulai dengan penyambutan asesor di kompleks Pondok Pesantren Assalafi Al Fithrah, Jl. Kedinding Lor 99 Surabaya, kemudian menuju ke lokasi kampus di Jl. Kedinding Lor 30 Surabaya didampingi para pimpinan dan dosen.

Dalam sambutannya, Ketua STAI Al Fithrah menyampaikan ucapan terimakasih kepada BAN-PT secara kelembagaan dalam kapasitasnya sebagai penjamin mutu eksternal, juga pada asesor secara personal atas kesediaannya melakukan asesmen lapangan dalam rangka akreditasi institusi STAI Al Fithrah.

Pada kesempatan ini pimpinan juga memohon maaf bila ada hal-hal yang belum paripurna terutama terkait dengan sarana dan prasarama kampus, mengingat baru beberapa bulan ini STAI Al Fithrah menempati lokasi baru setelah sebelumnya menempati lokasi di dalam pondok. Perbaikan berkelanjutan akan selalu diupayakan oleh stake holders dalam rangka menuju pada pelayanan yang baik kepada mahasiswa.

Salah satu pesan yang disampaikan oleh asesor adalah, “uktub ma fu’ila, waf’al ma kutiba!” atau dalam ungkapan Indonesia, “tulislah apa yang kau kerjakan, dan kerjakanlah apa yang kau tulis!” Prof. Indratmo dalam kesempatan ini juga menyampaikan, bahwa STAI Al Fithrah memiliki potensi untuk berkembang karena memiliki SDM Dosen Tetap yang jumlahnya cukup dan relatif berusia masih muda.

Kegiatan visitasi institusi kali ini banyak memberikan kontribusi positif bagi STAI Al Fithrah, karena kejelian dan ketelitian asesor dalam melakukan verifikasi data borang dan berkas-berkas lampiran. Ini menjadi semacam cambuk bagi pengelola untuk menjadi lebih baik kedepannya.

Seluruh rangkaian acara dalam visitasi ini dilaksanakan sehari penuh sejak jam 07.00, dan pada pukul 18.00 wib. telah dilaksanakan serah terima berita acara pelaksanaan visitasi dari asesor kepada pimpinan STAI Al Fithrah dengan disaksikan oleh seluruh dosen.

Semoga visitasi ini bisa menjadi sebab semakin berkembangnya STAI Al Fithrah, baik dari sisi kelembagaan, sumber daya manusia, dan pelayanan akademik kepada mahasiswa. Aamiin ya Robbal ‘Alamin.

Leave a Comment