Komite Nasional Keuangan Syariah (KNKS) bersama  Komisariat IAEI Universitas Airlangga (UNAIR) mengadakan Workshop Publikasi Ilmiah Ekonomi Syariah yang mengusung tema “Meningkatkan Kualitas dan Kuantitas Publikasi Ilmiah bagi Akademisi Keuangan dan Ilmu Ekonomi Islam di Jawa Timur”, di Hotel Santika Premiere Gubeng, Surabaya.

Direktur Pendidikan dan Riset Keuangan Syariah KNKS Dr. Sutan Emir Hidayat, dalam sambutannya menjelaskan tugas KNKS adalah mempercepat, memperluas, dan memajukan perkembangan ekonomi syariah. Salah satu fungsinya adalah memberikan rekomendasi atas penyelesaian masalah-masalah yang ada pada ekonomi syariah, termasuk di dalamnya masalah penelitian.

Dibandingkan ekonomi konvensional, literatur ekonomi dan keuangan syariah saat ini masih dinilai rendah. Jurnal atau paper yang dipublikasikan oleh Indonesia masih terbatas.

Menurut Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, bahwa diantara 10 besar publikasi Negara Organisasi Konferensi Islam (OKI), Indonesia masih belum berada di nomor satu, masih kalah dari Iran, Turki, dan Malaysia.

Workshop Publikasi Ilmiah ekonomi/keuangan Islam merupakan salah satu cara KNKS  mewujudkan strategi dasarnya, sehingga penguatan kualitas, kuantitas sumber daya manusia, penguatan kapasitas riset dan pengembangan di bidang ekonomi syariah.

KNKS mengajak komisariat IAEI STAI Al Fithrah untuk berkolaborasi dalam mengadakan kegiatan seminar atau roadshow dibidang keuangan/perbankan syariah. Karena menurut info dari KNKS pemerintah saat ini memfokuskan pengembangan ekonomi dan keuangan berbasis pesantren. Dan hal ini merupakan kecocokan dengan background yang ada dalam perguruan tinggi STAI Al Fithrah terkhusus program studi perbankan syariah.

Leave a Comment